Kamis, 26 Februari 2015

Validasi Data dan Penyimpanan Data dengan Password


Disini akan dibahas hal-hal yang berkaitan dengan Program Microsoft Excel khususnya tentang tahapan dalam Validasi Data dan Penyimpanan Data dengan Kata Sandi.

Definisi
Dalam ilmu komputer, validasi data adalah proses untuk memastikan bahwa program beroperasi pada bersih, data yang benar dan berguna. Menggunakan rutinitas, sering disebut aturan validasi “” atau rutinitas cek “”, yang memeriksa kebenaran, kebermaknaan, dan keamanan data yang masukan ke sistem. Aturan-aturan dapat diimplementasikan melalui fasilitas otomatis dari kamus data, atau dengan dimasukkannya program aplikasi logika validasi eksplisit.
 
Berikut ini akan dibahas tahap-tahap membuat validasi data dan menyimpan data dengan password.

Tahap-tahap dalam validasi data:
1. Pertama, pilih data yang divalidasikan, lalu blok pada kolom dan baris yang akan divalidasikan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
2. Tahap selanjutnya, cari dan klik pada tab bar "Data" lalu klik Data Validation. Pastikan bahwa meng-klik segitiga hitam dikanan pojok bawah ikon.



3. Kemudian, akan muncul menu bar menu bar Data Validation. Pilih Data Validation. Muncul tampilan settings. Pada pilihan settings, klik segitiga dikanan pada pilihan Allow. Lalu pilih Whole Number.







4. Selanjutnya, secara otomatis akan muncul pilihan Data. Maka, piilihlah pilihan between untuk validasi data.




5. Tahap kelima, masukkan angka minimum dan angka maksimum sesuai dengan yang diinginkan pada validasi data yang sedang dibuat.

6. Lalu, setelah selesai tahap diatas, arahkan kursor dan klik Input Message. Ketikkan judul dan input message yang diinginkan agar dapat muncul saat akan memasukkan data yang di validasikan. 



7. Tahap selanjutnya, arahkan kursor dan klik Error Alert. Pilih Information pada pilihan Style. Ketikkan judul dan error message yang diinginkan agar dapat muncul ketika melakukan kesalahan dalam memasukkan data yang di validasikan. Lalu klik OK. 



8. Telah selesai tahapan dalam validasi data. Jika ada kesalahan dalam memasukkan input data maka akan secara otomatis muncul peringatan dari input yang benar. 





Tahapan validasi data telah selesai.

  

Tahap-tahap dalam menyimpan data dengan password: 
1.  Arahkan kursor ke Office Button berbentuk lingkaran yang berada di pojok kiri atas. Lalu klik pada pilihan save as.




2. Kemudian, klik general options pada tools.




3. Tahap berikutnya, setelah general option muncul. Isikan kata sandi pada kotak yang disediakan sesuai dengan yang diinginkan. Pastikan untuk selalu mengingat kata sandi yang telah diisikan. Lalu klik OK. 



4. Lalu, isikan kembali kata sandi yang sama pada Reenter password to proceed. Lalu klik OK. 

5. Selanjutnya, isikan ulang kata sandi yang sama pada Reenter password to modify. Lalu klik OK.




6. Pastikan, meng-klik save untuk menyimpan dokumen tersebut.




7. Cek dokumen dengan membuka dokumen. Tampilan yang akan muncul seperti berikut. Isi password yang digunakan untuk dokumen tersebut.



8. Masukkan kembali password.






Demikian, tahap-tahap dalam Excel, tentang validasi data dan penyimpanan data dengan password.
Semoga bermanfaat. :)

 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts